Lekas Kenali Indonesia

Aku tak akan berkata bahwa berpetualang itu mudah. Ya, berpetualang itu enggak mudah, kawan. Bagi beberapa orang, berpetualang mungkin akan lebih banyak menyakitkan. Tetapi terjebak dan terperangkap dalam rutinitas keseharian itu (mungkin) lebih menyakitkan, dan bahkan membosankan. Beneran deh.

Kali pertamanya berpetualang, aku melakukan pendakian. Dan pada pendakian itu, aku mempunyai tujuan untuk menakhlukkan gunung. Bahkan hingga berulang kali melakukan pendakian, aku hanya berambisi untuk itu. Tapi, seiring berjalannya waktu, hal itu perlahan-lahan memudar. Pelan-pelan aku merasa ada yang salah dengan diriku, dengan tujuanku berpetualangku. Aku rasa, berpetualang tidak hanya untuk itu saja. Entah kenapa, semakin banyak melakukan petualangan, semakin banyak melakukan hal-hal diluar rutinitas keseharian, aku seolah semakin merasa banyak yang aku dapatkan. Bukan hanya teman, tetapi juga destinasi petualangan yang menakjubkan. Ah, ya mungkin memang benar, Melakukan pendakian seharusnya tidak bertujuan untuk menakhlukkan gunung, tetapi lebih pada menakhlukkan diri sendiri - melebur ego dan ambisi labil yang masih menyelimuti diri!

Sejauh ini, mungkin belum banyak tempat-tempat yang sudah aku jelajahi. Gunung, pantai, tempat-tempat bersejarah, pun yang lainnya. Indonesia itu luas. Banyak sekali tempat-tempat yang harus kita jelajahi agar kita bisa lebih dalam mengenal apa itu arti Indonesia yang sebenarnya. Dan disini, berpetualang menjadi salah satu caraku tersendiri untuk mengenal lebih jauh arti kata Indonesia itu. Mungkin ini terdengar absurb, karena aku bukan petualang sungguhan yang selalu bisa meluangkan waktu untuk senantiasa memeluk dan bercengkrama dengan alam. Tetapi, setidaknya aku sudah mencoba mengenali dan menjelajah beberapa diantara ratusan bahkan ribuan keindahan Indonesia. Walaupun tak sebanyak petualangan kawan-kawan dan para petualang sungguhan.

Sudah ah, kalau teman-teman ada waktu luang, lekas menjelajah Indonesia, ya? Sebelum terlambat. Nikmati dan abadikan keindahan-keindahan alam Indonesia yang mengagumkan. Jangan habiskan waktu kita hanya diperkotaan saja. Lekas kenali Indonesia, lekas cintai keindahan alam yang sudah Tuhan anugerahkan untuk kita. Jika sudah, perkenalkan keindahan itu pada keluarga, pun teman-teman kita. Dengan begitu kita sudah menunjukkan kalau kita cinta Indonesia - tengah berusaha mengenalkan Indonesia pada mereka yang ada disekeliling kita.


Oiya, semoga belum terlambat : selamat tahun baru 2015, Kawan. Semoga di tahun ini kita bisa lebih cinta Indonesia bukan dari sisi kotanya saja, tapi dari keindahan alamnya juga. Indonesia tak akan cukup indah kalau hanya kita nikmati dari kota tempat kita saja, bukan?


*


...tak usah berpikir rumit, jika ada waktu luang, segera menjelajah. Lekas kenali Indonesia, lekas jadi bagian dari dirinya. Itu saja.


Salam hangat,

Kawah Ijen

2 Responses to "Lekas Kenali Indonesia"

  1. Siap ikut menjelajah indonesia kakak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapp. Ditungguu. Jangan lupa berbagi oleh olehnya, kakak :p

      Delete