Bapak Jokowi ; The Real Leader

Bapak Jokowi yang baik,

ijinkanlah saya untuk menulis,
menuliskan sesuatu untuk Bapak ,
Jika kelak Bapak membaca surat atau tulisan ini , sebelumnya saya minta maaf jika saya berlebihan dalam menulisnya.

***

Menyebut nama Bapak Jokowi ; begitu beliau biasa dipanggil , berarti kita menyebut salah satu (tokoh) pemimpin bangsa di negara kita. Kesederhanaan dan kerendahhatian yang dilakukan Bapak Jokowi sangat sederhana, barangkali dia hanya ingin memanusiakan manusia - melaksanakan amanat dengan baik dan bijaksana. Menjadi Pemimpin adalah mengikhlaskan diri dalam mengabdi kepada masyarakat. Ya, sesederhana itu. Beliau memimpin daerah bukan sekedar untuk populer atau meningkatkan reputasi , tetapi untuk mensejahterakan masyarakat.

Beliau memang hebat , kita membutuhkan pemimpin seperti beliau untuk membangun tanah air ini.

1.    Sederhana & fleksibel. Kesederhanaan beliau bisa kita lihat salah satunya dari cara berpakaian beliau yang bisa kita bilang ; simple dan fleksibel. Soal makan pun beliau juga tidak pilih pilih harus makan yang mahal mahal dan enak enak.

2.    Bersikap Terbuka. Beliau Sadar betul dengan lembaga yang dipimpinnya adalah lembaga publik, jadi harus terbuka kepada publik. Ya , memang benar , Keterbukaan inilah yang membuat Bapak Kota Solo ini dekat dengan seluruh masyarakat.

3.    Mementingkan Kepentingan Rakyat. Ya, beliau memang hebat , kebijakan kebijakan yang beliau keluarkan adalah untuk kepentingan rakyat. Beberapa kebijakan Bapak Jokowi ini diantaranya adalah penataan PKL tanpa demo , renovasi pasar tradisional , adanya railbus , juga car free day.

4.    Pekerja Keras. Bapak Jokowi dan Bapak Rudi (wawali) ; Bapak walikota dan Bapak wakil walikota lebih banyak bekerja dilapangan untuk menyerap aspirasi atau keinginan masyarakat , beliau berada dikantor mungkin hanya beberapa jam saja. Buktinya , Bapak kota solo ini mampu mengubah dan membangun solo menjadikan kota solo ini kota penting di indonesia – bahkan dunia.

5.    Mengabdi Sepenuh Hati. Bapak walikota sangat tulus mengabdi kepada rakyat. Mungkin perlu kita ketahui bahwasanya Beliau (Bapak Jokowi) selama menjadi walikota ,  beliau belum pernah mengabil gajinya yang kisaran gaji beliau Rp 6,5 juta perbulan. Bahkan beliau tidak mengeluh lantaran gajinya sedikit. Menurut Beliau , uang tersebut lebih baik untuk orang orang yang lebih membutuhkan, karena dari usaha mebel yang beliau kelola sudah cukup untuk hidup sederhana bersama keluarga ; begitulah kerendahan hati beliau.

6.    Pribadi Yang Bersih. Berbekal pribadi yang bersih itulah Bapak Jokowi menjalankan kepemimpinannya disolo dan sukses membawa kota Sebagai kota terbersih dari korupsi ke-3 dibawah Tegal dan Denpasar. Memberantas korupsi itu tergantung komitmen pemimpinnya, jika pemimpinnya bersih dan anak buahnya kotor, tinggal ganti bawahannya saja (Jokowi).Beliau berjalan dengan hati yang bersih , ya itulah beliau , Bapak Jokowi.

Ada hal hal yang barangkali pernah beliau lakukan , diantaranya ; Berhasil merelokasi PKL tanpa kerusuhan , Berhasil menata dan membenahi pasar Tradisional, membawa Solo “Go To Internasional”, Menjaga Solo Kota Bersih dari Korupsi ke-3, juga Membangkitakan Industri Otomotif dalam Negeri dengan mengangkat  Mobil ‘Esemka’.

Ya, itulah Bapak Walikota Solo : Bapak Ir Joko Widodo, dengan kesederhanaan yang menjadi ciri khas beliau , beliau beserta pemerintah kota solo bisa membenahi kota solo dan mengubah solo menjadi lebih baik.

Tantangan beliau selanjutnya adalah DKI Jakarta. Mungkin bagi beliau, jakarta adalah kota yang menantang, berbekal pengalaman dikota kota besar bahkan sampai manca negara, semoga bapak Jokowi mampu menerapkan pengalamannya untuk membangun Ibukota Jakarta. Beliau adalah figur yang kuat, tegas, berwibawa serta terkesan lemah lembut.

***

Tuhan, Kepemimpinannya bukan tentang apa yang orang orang pandang tentang beliau , tetapi tentang kebaikan dan kebahagiaan yang orang orang rasakan dari beliau.

Mudahkanlah beliau agar kebaikan kebaikan beliau selalu terpancar pada setiap orang. Jika kebaikan kebaikan dari beliau pantas Engkau ganti dengan pahala, berikanlah pahala melebihi kebaikan kebaikan beliau.

Jika Engkau berkenan dan Engkau mengijinkan beliau memimpin DKI, berikanlah kekuatan pada beliau untuk menjadikan tanah air ini lebih baik, jagalah kebaikan kebaikan beliau agar terhindar dari lubang yang dapat menjatuhkan beliau dalam kepemimpinan.

Bapak Jokowi,  mungkin ini sedikit apresiasi saya tentang bapak. Maafkan saya telah menulis ini, karena sesungguhnya saya mendukung bapak agar suatu saat – entah kapan bapak tetap akan menjadi seorang pemimpin yang dapat dicontoh di negara ini dan menjadikan negara ini menjadi lebih baik.

Amiiinn :)

0 Response to "Bapak Jokowi ; The Real Leader"

Post a Comment