Review Novel "Tak Sempurna"


Minggu pagi , pukul 8 lebih 30 menit buku ini mendarat dengan selamat. "Tak Sempurna" - Kolaborasi Fahd Djibran bareng Bondan Prakoso & Fade2Black.

Buku ini kerenn! Kalimat kalimat dalam buku ini sangat sederhana : mudah dipahami , dan menarik. Dengan cover yang bloody juga isi yang super hebat dan mengguncang pikiran juga pemahaman.

Buku yang mengisahkan tentang seorang pelajar bernama Rama Aditya Putra bersekolah di SMA Lazuardi , yang menceritakan segala yang ada disekolah - sisi baik , juga (mungkin) segala sisi jahat yang ada disekolah.

Rama ingin kita semua mengetahui segala yang ada disekolahnya. Jika kita tak ingin mengetahui lebih dalam mengenai sekolah , lebih baik urunkan untuk membeli buku ini. Tetapi , jika (paling tidak) ingin mengetahui segala bentuk realita disekolah silahkan membeli.

Buku ini saangat menarik !

dimulai dari cerita Rama 2 tahun lalu , ketika pertama kali masuk di SMA. Kita semua - pembaca diajak untuk mengartikan sebuah tempat yang pernah kita singgah i , yang bernama Sekolah. Mungkin ada yang salah dari sebuah Sekolah - mungkin dari sistem pendidikannya ? Ya , ada yang salah dengan sekolah kita semua , tidak hanya sekolah Rama. Mungkin aku juga merasakan hal yang sama dengan sekolahku dulu. Dan mungkin ada sebagian kalian juga merasakan hal yang sama : seperti Rama.

Salah satu yang sangat melekat dalam dunia sekolah adalah Tawuran. Ia menjadi potret buram dunia pendidikan di indonesia. Salah satu teman Rama , meninggal karena Tawuran. Rama dan teman temannya tidak hanya melihat kesedihan yang dalam tentang ditinggalkan seseorang yang dikasihi , mereka melihat cinta dan kebahagiaan mereka direbut , direnggut , diringkas dan diringkus !

Banyak kisah didalamnya yang dikemas apik didalam buku ini.

Seorang guru agama yang sinis dan (agak) sadis ditinggal keluar oleh semua muridnya : rama dan teman temannya. kenapa ? Silahkan baca bukunya :)

Bagi Rama , sekolah mungkin hanya semacam penjara kebebasan yang punya jam istirahat dan waktu liburan. Baginya , itu mungkin sangat menyebalkan. Kenapa ? Silahkan baca bukunya :)

Dibalik sekolah , pasti menyimpan kisah asmara. Perempuan cerdas dan pendiam yang tokoh utama kagumi bernama Bunga. Rama menyukai semua hal tentang bunga : ikat rambutnya , senyumnya , rambut halus yang tak beraturan , dan semua tentangnya. Siapa bunga , dan seperti apa dia ? Silahkan baca bukunya :)

Ironis , pelajar yang semestinya santun dan ramah sebagai output pendidikan sekolah , justru berubah beringas menjadi berandal berandal jalan. angka peristiwa kematianpun melonjak tajam dari tahun ke tahun. menyebabkan puluhan korban jiwa melayang sia sia di jalanan.

Dalam sebuah tawuran , seperti apapun harus siap dengan konsekwensinya. Termasuk Rama : "Kehilangan satu kaki adalah kemalangan yang menimpaku dengan cara yang kejam." begitu ia utaraka. Disisi lain , ia menangisi ketololannya : Sebuah keputusan yang berakhir dengan keputusasaan.

RUMAH SAKIT. Kenapa harus disebut rumah sakit ? Bagi Rama itu hanya menunjukkan sebuah benda mati dengan fungsinya yang tak menghidupkan. Rama tak setuju dengan penyebutan tempat itu sebagai rumah sakit. Kita akan mengenal beberapa makna rumah sakit itu sesungguhnya seperti apa dalam buku ini tuliskan.

"Something has gone very wrong eith our school!" - Hiroshi Yoshimoto. Barangkali itu kata kunci dari buku ini.

Ada 9 Kebohongan yang dikatakan duru di sekolah dan kenyataannya.

1. Kami disini untuk memahami pelajaran. Kenyataannya : kami disini untuk memaksamu menghafal pelajaran. Jika kamu tidak bisa , kami akan menghukummu atau tidak meluluskanmu dalam ujian.

...

5. Merokok tidak baik untuk kesehatan dan tidak diperbolehkan disekolah. Kenyataannya : Guru olahraga merokok dikantin dan memesan kopi hitam pada penjaganya. Kepala sekolah merokok diruangannya sendiri. Kami merokok sembunyi sembunyi , termasuk ditoilet sekolah

...

8. Guru BK selalu ada untuk mendengarkan. Kenyataannya : mereka ingin didengarkan. Jika dipanggil keruangannya mereka akan memarahi kita dan berteriak. "Dengarkan saya!"

...

..dan masih banyak lagi yang lain selain dari kesembilan itu.

Hampir disetiap sekolah , pasti ada guru yang kita benci dan ada juga guru yang paling kita sukai. Bu Hilda. Salah satu guru terbaik dan terfavorit di sekolah Rama. Guru yang mereka cintai - diantara terlalu banyak yang mereka benci.

Bunga , dialah seorang perempuan yang memmbuat Rama menemukan kebahagiaan disekolah. yang selalu membuat dag-dig-dug melulu. Seorang perempuan yang istimewa bagi Rama. Kisah mereka begitu sederhana dan enak untuk dibaca. Seperti apa kisah mereka ? Silahkan baca bukunya :)

Akhir tahun 2012 adalah hari yang dinanti. 20 Desember 2012 , merupakan hari dimana akan menjadi hari bersejarah bagi SMA Lazuardi (SMA Rama juga teman temannya) dan SMK Citra Bangsa. Kedua sekolah akan mengadakan deklarasi perdamaian. Seperti apa kejadian didalamnya , silahkan baca bukunya :)

Dan , diakhir buku ini , seorang Rama membuka semuanya , tentang segala sesuatu mengenai sekolah. Rama hanya ingin mendefinisikan ulang makna paling dalam dari pendidikan dan mempersoalkan berbagai masalah yang membuat sekolah menjadi dipenuhi kebusukan - sampah sampah nyata , sampah sampah pikiran dan sampah sampah perasaan.

Demikianlah , Rama hanya ingin berbagi cerita dan membuka realitas apa adanya tentang sekolah. Semoga lebih banyak yang membaca dan kemudian kita akan menyelamatkan jiwa jiwa adik adik kita. Sebelum semuanya terlambat.

Selamat membaca buku ini. Semoga karya Fahd Djibran dan Bondan Prakoso & Fade2Black ini bisa menyelamatkan jiwa jiwa pelajar yang (mungkin) membutuhkan pertolongan :)



0 Response to "Review Novel "Tak Sempurna""

Post a Comment