Harapan


Bertahan adalah salah satu kunci untuk menggenggam kehidupan. Begitulah kalimat kunci dari potongan lirik milik Bondan Prakoso yang berjudul "Generasiku", yang jika kita perdengarkan secara cermat keseluruhan musiknya memiliki ambisi yang kuat dan bahkan sangat dahsyat untuk membunuh ketakutan, kesakitan, ketidakpastian, lemah, resah, gelisah, dan juga pasrah.

Hope there's always a rope for you to hold // There's always a love for you that glow // Inside this dream unfold this stream // Made to be feel and let go the fear // We have to fight freedom for rights // And have to survive key to alive.. Key to alive! -- Bondan Prakoso, Generasiku

Bagi beberapa orang, harapan dan impian mungkin memang tak mudah untuk didapatkan dan digenggam. Akan ada letih yang hebat. Akan ada lelah yang teramat sangat. Akan ada hasrat bosan yang menjabat. Akan ada asa yang amat menjerat. Tetapi, bukankah itu semua sudah menjadi sebuah resiko yang harus kita terima kalau kita memutuskan untuk berusaha meraih harapan maupun impian, kan?

Bagaimana jika hari esok tak ada lagi? Bagaimana jika esok kita tak berada dibumi lagi? Bagaimana jika bumi berhenti berotasi? Itu semua mungkin memang bisa terjadi, dan jika esok mentari tak terbit dan tak ada hari lagi, inilah saatnya untuk menunjukkan pada seluruh isi bumi. Menunjukkan segala potensi yang ada dengan sekuat tenaga pada mereka. Menunjukkan segala apa yang kita bisa tanpa banyak bicara.

Bergegaslah dan lakukan apa saja yang bisa membuat kita berbahagia. Bunuhlah keraguan dan tanggalkanlah kecemasan yang tengah mengancam. Hapuslah gelisah yang menggetarkan jari, lalu usaplah letih yang mengalir membasahi pipi. Bangkit dan genggamlah kunci kehidupan dengan terus berjalan dan tetap bertahan.

Benamkan keraguan, kegelisahan, dan ketakutan - tetaplah bergerak dan terus berusahalah menggapai harapan. Karena bagi kita yang sanggup menenggelamkan keraguan, kegelisahan, pun ketakutan, Tuhan akan selalu menyediakan balasan yang melebihi apa yang kita inginkan: Puluhan ribu cinta, jutaan gempita cahaya, dan bahkan milyaran rasa bahagia.

Dengarkanlah perasaan dan suara suara lembut dari dalam hati dan nurani kita masing masing. Rasakanlah keberanian tumbuh jauh dari dalam diri kita. Jadilah generasi yang penuh kesadaran untuk selalu bisa bangkit dalam setiap keterpurukan, keraguan, maupun kesakitan.

Teruslah bertahan, dan tetaplah berjalan hingga harapan berbuah menjadi kenyataan.Dan, tentang sebuah harapan, yang perlu kita lakukan adalah berusaha untuk mewujudkannya semampu kita hingga raga tak berdaya. Dan tak lupa, tetap bersabar, pun bertahan dalam setiap proses pencapaiannya...

...Sisanya, biarkan Tuhan yang menyelsaikan dan menentukan.



*Backsounds : Bondan Prakoso - Generasiku

0 Response to "Harapan"

Post a Comment