Perempuan [Perayaan Kartini]



Tentang seseorang perempuan yang penuh impian yang terkurung bersama Adat dan Tradisi. Seseorang yang mengajarkan Ketuhanan , Kebijaksanaan, Keindahan, Kemanusiaan, dan Cinta Tanah Air ; Raden Ajeng Kartini (21 April 1879 – 7 September 1904).

Tentang semua perjuangan beliau , Memperjuangkan hak dan derajat kaum perempuan agar mempunyai tingkat kedudukan yang setara. Ya , 'setara' bukan 'sama' .

Mungkin memang benar, perempuan bukan ingin dipandang ‘sama’ dengan lelaki tetapi ingin dipandang sebagai individu yang ‘setara’ dengan lelaki. Bukan ‘sama’ melainkan ‘setara’. Perempuan dan laki-laki memang telah dilahirkan berbeda.‘Kesamaan’ merupakan sesuatu yang mustahil diraih dalam sebuah kondisi dualitas , tetapi ‘kesetaraan’ adalah hal yang absolut, yang akan terus kita pupuk untuk menciptakan kehidupan yang egaliter.

Barangkali ini biasa kita sebut Emansipasi. Ya , Emansipasi ; Proses pelepasan diri dari kedudukan sosial ekonomi yang rendah atau dari hukum hukum yang membatasi kemungkinan untuk berkembang dan untuk menjadi lebih baik.

Perempuan itu ; Kartini – Perempuan yang telah berjasa besar dalam memperjuangkan kaumnya . Berkat beliau , kini, Perempuan berhak mengeyam pendidikan setinggi-tingginya dan bebas memilih pekerjaan yang sesuai.

Tentang hubungan antara Perempuan, Emansipasi, dan hari Kartini. Ah…Sebenarnya aku tidak terlalu memahami semua ini ; barangkali tugas kita adalah menjaga dan mewarisi semangatnya, Menciptakan kebahagiaan dengan cara kita masing masing.

Semoga kita tidak hanya tahu tentang perayaannya, tapi kelak kita akan tahu dan mengerti makna perayaan tersebut dan mempunyai cita-cita yang sama , bahkan lebih besar dari pada beliau.

Selamat Merayakan Hari Kartini dengan cara cara yang membahagiakan ; 21 April 2012

0 Response to "Perempuan [Perayaan Kartini]"

Post a Comment